Tak Perlu Bingung Cari Obat Sakit Gigi, Ini 7 Tanaman Herbal Paling Ampuh untuk Redahkan Rasa Nyeri


Sakit Gigi --Pixabay

JURNALIS INDONESIA – Inilah 7 tanaman Herbal untuk membantu atasi rasa nyeri akibat sakit gigi yang bisa Anda cari di rumah. Anda bisa gunakan cara berikut sebagai penanganan awal di rumah dan ketika bingung mencari Obat Sakit Gigi.

Berkumur dengan Air Garam dan kompres dingin secara teratur biasanya dapat mengatasi rasa nyeri akibat iritasi ringan, tetapi sakit gigi yang lebih serius mungkin memerlukan bantuan dari dokter gigi. Setelah pemeriksaan atau perawatan biasanya dokter gigi juga akan meresepkan obat sakit gigi sebagai pereda nyerinya.

Ketika sakit gigi penting untuk mencari tahu apa yang menjadi akar dari masalah Anda. Dari sana, kamu dapat menentukan cara terbaik untuk meredakan rasa sakit, bengkak, atau gejala lainnya.

(BACA JUGA:Kasus Pasien Diabetes Melitus Terkena Cacar Air yang Menyerupai Cacar Monyet, Ini Penjelasan dari Pakar Unair)

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab sakit gigi, mulai dari gigi berlubang, gigi hendak tumbuh, penyakit gusi, atau peradangan jaringan gusi pada gigi geraham.

Apa pun penyebabnya, rasa ngilu atau sakit gigi yang dirasakan sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, mulai dari susah makan dan minum hingga rasa nyerinya dapat merambat ke kepala.

Anda bisa melakukan pertolongan pertama atau coba mengobati menggunakan bahan alami yang umum ditemukan di rumah.

(BACA JUGA:7 Suplemen Alami Diabetes, Rempah Herbal yang Bisa Bantu Turunkan Gula Darah)

Cari tahu cara tradisional untuk obat sakit gigi alami yang dapat Anda gunakan. Melansir dari Healthline, ini dia cara obat sakit gigi rumahan dan alami yang bisa membantu meredakan nyeri.

1. Kumur air garam


ilustrasi garam-Bruno 
untuk bantu redkan sakit gigi/Germany-Pixabay

Bagi banyak orang, berkumur dengan garam adalah pengobatan lini pertama yang efektif. Air garam adalah disinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi Anda.

Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Untuk menggunakan pendekatan ini, campurkan 1/2 sendok teh (sdt) garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

(BACA JUGA:10 Ide Sarapan Sehat untuk Diabetes yang Punya Nilai Gizi Lengkap, Bisa Jadi Referensi Saat di Rumah)

2. Hidrogen Peroksida

Berkumur hidrogen peroksida juga dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan. Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksida dapat mengurangi plak dan menyembuhkan gusi berdarah.      

Pastikan Anda mengencerkan hidrogen peroksida dengan benar. Untuk melakukan ini, gunakan hidrogen peroksida 3 persen dan campurkan bersama air dengan perbandingan yang sama, lalu gunakan sebagai obat kumur dan jangan menelannya.

3. Teh celup Peppermint

Kantong teh peppermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi sensitif.

Biarkan kantong teh bekas menjadi sedikit dingin sebelum mengoleskannya ke area yang terkena. Seharusnya masih sedikit hangat.

(BACA JUGA:7 Makanan yang Bisa Merusak Otak, Segera Hindari!)

Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk mendinginkan, bukan menghangatkan, area tersebut. Untuk melakukannya, masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya, lalu tempelkan kantong teh tersebut ke gigi Anda. Pelajari lebih lanjut tentang manfaat kesehatan dari peppermint.

4. Bawang Putih


bawang putih 
untuk bantu redkan sakit gigi-pameladebutler-Pixabay

Selama ribuan tahun, bawang putih telah dikenal dan digunakan karena khasiat obatnya. Ini juga memiliki antibakteri. Tidak hanya bisa membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat bertindak sebagai pereda nyeri.

Untuk menggunakan bawang putih pada sakit gigi, tumbuk atau haluskan siung bawang putih untuk membuat pasta dan oleskan ke daerah yang terkena. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam. Sebagai alternatif, Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan.

5. Daun Jambu Biji


daun jambu biji untuk bantu redkan sakit gigi -Pixabay-

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Daun jambu biji juga punya anti mikroba sebagai aktivitas yang dapat membantu dalam perawatan mulut.

(BACA JUGA:10 Camilan dan Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Enak dan Menyehatkan!)

Untuk menggunakan obat ini, kunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang dihancurkan ke air mendidih untuk membuat obat kumur.

6. Rumput Gandum / wheatgrass

Rumput gandum atau juga disebut sebagai wheatgrass memiliki sifat penyembuhan yang tak terhitung jumlahnya , seperti sifat anti-inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Ini berisi banyak nutrisi, termasuk kandungan klorofil yang tinggi, yang membantu melawan bakteri.

Anda bisa meminum rumput gandum atau menggunakannya sebagai obat kumur.

7. Thyme


ilustrasi daun thyme untuk bantu redkan sakit gigi-jcomp-freepik.com

Thyme juga memiliki antibakteri dan antioksidan yang kuat hal ini bisa membantu untuk mengobati sakit gigi. Bahkan bisa membantu melawan bakteri yang berkontribusi terhadap kerusakan gigi.

(BACA JUGA:Ini 7 Jenis Teh yang Bagus untuk Penderita Diabetes, Cari Tahu Manfaat dan Risikonya di Sini)

Untuk menggunakan ini, encerkan minyak esensial thyme dengan minyak pembawa, lalu oleskan ke area yang terkena.

Anda juga bisa menambahkan setetes minyak ke segelas kecil air dan membuat obat kumur.

Cara mencegah sakit gigi

Anda dapat mencegah kemungkinan terjadinya sakit gigi dengan mempraktikkan kebersihan mulut yang baik. Pembersihan dengan benang gigi atau floss setidaknya sekali sehari dan sikat gigi Anda selama 2 menit setidaknya dua kali sehari. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan obat kumur.

(BACA JUGA:5 Aturan Penting dalam Diet Sehat yang Perlu Kamu Tahu! Cara Mudah Jaga Bentuk Tubuh Langsing)

- Kunjungi dokter gigi Anda untuk pemeriksaan dan pembersihan rutin dua kali setahun juga.

- Beberapa makanan terutama dapat menyebabkan penumpukan plak, termasuk:

  • roti
  • permen asam
  • keripik kentang
  • buah kering
  • minuman berkarbonasi
  • alkohol
  • Es

(BACA JUGA:Ternyata Kiwi Bisa Jadi Cerahkan Kulit Wajah, Simak 5 Tips Penggunaannya di Sini)

- Bersihkan gigi dengan sikat gigi dan benang gigi setelah makan makanan ini untuk membantu mencegah penumpukan plak, atau pertimbangkan untuk membatasi makanan tersebut dalam diet Anda.

 

JI

`
Kategori : Kesehatan