8 Pertanyaan Mengenai Cacar Monyet yang Perlu Diketahui, Mulai Apa Saja Gejala Monkeypox?

1. Apa Saja Gejala Monkeypox?

Monkeypox bisa mengakibatkan berbagai tanda dan gejala, ada yang memiliki gejala ringan dan yang lain bisa mengalami yang lebih bera dan memerlukan perawatan di fasilitas kesehatan.

Orang yang berisiko lebih tinggi untuk penyakit yang lebih parah atau komplikasi termasuk orang-orang yang sedang hamil, anak-anak dan orang-orang dengan penyakit kekebalan tubuh.

(BACA JUGA:Apakah Gula Merah Lebih Baik untuk Penderita Diabetes? Simak Penjelasannya Disini)

Gejala Monkeypox biasanya demam, sakit kepala hebat, nyeri otot, sakit punggung, lemas, pembengkakan kelenjar getah bening (di leher, ketiak atau selangkangan) dan ruam atau lesi kulit. Ruam biasanya dimulai dalam satu sampai tiga hari sejak demam. 

Ruam atau lesi pada kulit ini berkembang mulai dari bintik merah seperti cacar, lepuh berisi cairan bening, lepuh berisi nanah, kemudian mengeras atau keropeng lalu rontok. Jumlah lesi pada satu orang dapat berkisar dari beberapa saja hingga ribuan.

Ruam cenderung terkonsentrasi pada wajah, telapak tangan dan telapak kaki. Ruam juga dapat ditemukan di mulut, alat kelamin, dan mata. Ruam monkeypox terkadang disalahartikan sebagai sifilis atau herpes.

(BACA JUGA:Rekomendasi 7 Gunung di Jawa, Untuk Rayakan Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus)

2. Berapa Lama Gejala Monkeypox Dapat Berlangsung?

Gejala biasanya berlangsung antara 2-4 minggu dan biasanya sembuh sendiri. Tetapi pada beberapa individu, dapat menyebabkan komplikasi medis dan kematian. Orang dengan penyakit penurunan kekebalan tubuh kemungkinan berisiko mengalami gejala yang lebih serius. Pengobatan bersifat menghilangkan gejala dan suportif.

3. Bagaimana Cara Monkeypox Menular dari Hewan ke Manusia?

Monkeypox bisa menular ke manusia melalui kontak fisik dengan hewan terinfeksi. Biasanya hewan pengerat dan primata. Risiko tertular monkeypox dari hewan dapat diturunkan dengan menghindari kontak dengan hewan liar, terutama hewan sakit atau mati termasuk daging dan darahnya.

(BACA JUGA:5 Bahan Alami ini Bikin Kopi Lebih Sehat dan Nikmat, Efektif dan Mudah Ditemukan )

Di negara-negara endemik, makanan yang berisi daging atau bagian tubuh hewan perlu dimasak hingga matang sebelum dimakan.

`
Kategori : Kesehatan