8 Pertanyaan Mengenai Cacar Monyet yang Perlu Diketahui, Mulai Apa Saja Gejala Monkeypox?

4. Apakah Monkeypox Bisa Menular dari Manusia ke Hewan?

Sementara ini belum ada laporan penularan dari manusia ke hewan walaupun risiko penularan tetap ada. Orang yang terkonfirmasi atau suspek monkeypox harus menghindari kontak dekat dengan hewan, termasuk hewan peliharaan (seperti kucing, anjing, hamster, dll.), ternak, dan satwa liar.

Orang dengan monkeypox harus sangat waspada di sekitar hewan yang diketahui rentan terhadap virus monkeypox, termasuk hewan pengerat dan primata non-manusia.

(BACA JUGA:Rayakan Kemerdekaan Indonesia Penuh Semangat! Ini Lirik Lagu Bendera Merah Putih Karya Ibu Sud)

5. Apakah Paparan Cacar Air/Chickenpox di Masa Lalu Memberikan Perlindungan Terhadap Monkeypox?

Cacar air disebabkan oleh virus varicella yang berbeda dengan virus monkeypox. Paparan cacar air di masa lalu tidak memberikan perlindungan terhadap monkeypox.

6. Apakah Ada Vaksin Monkeypox?

Vaksin yang sebelumnya digunakan untuk penyakit smallpox, telah dilakukan pengembangan dan penelitian sehingga dapat digunakan untuk pencegahan monkeypox, namun ketersediaan global masih terbatas. Beberapa negara merekomendasikan vaksinasi untuk orang yang berisiko.

Hanya orang yang berisiko (misalnya seseorang yang pernah kontak dekat dengan penderita monkeypox) yang harus dipertimbangkan untuk divaksinasi. Vaksinasi massal tidak dianjurkan saat ini.

(BACA JUGA:Tak Perlu Bingung Cari Obat Sakit Gigi, Ini 7 Tanaman Herbal Paling Ampuh untuk Redahkan Rasa Nyeri)

7. Apakah Anak-anak Bisa Terkena Monkeypox?

Anak-anak bisa terkena monkeypox jika mereka memiliki kontak erat dengan seseorang yang terinfeksi monkeypox. Data saat ini menunjukkan bahwa anak-anak biasanya lebih rentan terhadap gejala yang berat dibandingkan remaja dan orang dewasa.

`
Kategori : Kesehatan