Kenali Ragam Penyakit Ikan Koi, Beserta Cara Pengobatannya dari Pakar Perikanan Unair


macam penyakit ikan koi dan cara pengobatannya-Ivan Syahrial A.-unair.ac.id

JURNALIS INDDOENSIA – Berikut ragam Penyakit pada Ikan Koi dan cara pengobatan yang dapat dilakukan.

Penyakit merupakan salah suatu kekhawatiran yang bisa terjadi kepada pembudidaya maupun pemelihara ikan termasuk ikan Koi. 

Ketika terserang penyakit, Ikan Koi dengan warna yang indah bisa berubah menjadi terlihat jelek hingga mengalami kematian. 

(BACA JUGA:Wajib Dibaca Sebelum Budidaya! Ini Cara Membuat dan Perawatan Kolam Ikan Koi yang Baik)

Harga ikan Koi sendiri tergolong mahal, jika terkena serangan penyakit dan tidak segera ditangani bisa mengakibatkan kerugian yang cukup besar bagi pemilik.

Pada Kajian Perikanan HIMAKUA Unair Banyuwangi Volume III Sabtu (31/07) lalu, Arif Habib Fasya , S.Pi., M.Si. salah satu Dosen Akuakultur PSDKU Unair Banyuwangi turut menjadi pemateri dalam kesempatan tersebut. Dirinya memaparkan materi tentang jenis penyakit yang sering menyerang ikan hias lengkap dengan pencegahan dan penanganannya.

Mengawali pemaparnya, Dosen yang akrab disapa Fasya tersebut menjelaskan bahwa, munculnya penyakit merupakan hasil interaksi antara lingkungan, ikan dan patogen. Oleh karena itu, pengelolaan mutu air dan sistem budidaya merupakan aspek penentu dalam munculnya serangan penyakit pada ikan koi. 

(BACA JUGA:5 Jenis Ikan Koi Paling Langka yang Jarang Ditemui di Pasaran)

“Sejatinya, patogen sendiri sudah ada dalam lingkungan namun jika kondisi lingkungan dan imunitas ikan dalam kondisi bagus, maka patogen tidak bisa berkembang dan menyebabkan penyakit,” jelas dosen yang mengajar mata kuliah Penyakit Viral Ikan tersebut.

Secara umum, penyakit pada ikan koi disebabkan oleh Virus, Bakteri, parasit,  jamur dan lingkungan. Ia juga memaparkan dalam budidaya ikan koi ada beberapa penyakit yang sering ditemukan menyerang pada yakni:

`
Kategori : Gaya hidup