Jumat 24-09-2021,13:56 WIB

Kemnaker Koordinasi bersama Kadisnaker Bahas Bantuan Subsidi Upah, Jelaskan Perbedaan dengan Tahun Lalu


Reporter : Nora
Editor : Nora




JURNALIS INDONESIA - Pemerintah menjamin akan segera menggelontorkan bantuan subsidi upah yang dipeuntukkan bagi pekerja yang berada di wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 dan level 3.

"Pemerintah menyiapkan selain di daerah level 4 juga di daerah level 3," kata Airlangga dalam  konferensi pers, Senin (26/7).

Hal ini juga direspon jauh sebelum presiden Jokowi mengumumkan perpanjangan masa PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021.

“Kumpulkan Kadisnaker Daerah PPKM Level 3 dan 4, Kemnaker Sosialisasi BSU Tahun 2021. Dalam rangka mensukseskan program Bantuan Subsidi Upah (BSU), Kementerian Ketenagakerjaan mengumpulkan kepala dinas ketenagakerjaan di daerah dengan PPKM level 3 dan 4 pada Jumat (23/7/2021) secara virtual,” tulis akun @kemnaker, Senin 26 Juli 2021

Dalam postingan itu juga dijelaskan bahwa program bantuan subsidi updah (BSU) telah dilaksanakan pada tahun 2021. Namun terdapat sedikit perbedaan dalam penyaluran BSU di tahun ini.

Hanya saja, sambungnya, untuk BSU tahun ini terdapat sedikit perbedaaan.

"Perbedaannya dikaitkan dengan keadaan saat ini, yaitu PPKM Darurat dan juga yang utamannya berdasarkan masukan-masukan dari sejumlah pihak atas pelaksanaan BSU tahun kemarin agar kita tahun ini berjalan lebih tertib, lebih akuntabel, dan lebih tepat sasaran bagi penerima BSU," jelas Indah Anggoro Putri, Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker.

Nantinya, para pelamar yang telah terdaftar menjadi penerima bantuan subsidi upah akan ditransfer sebesar Rp1 juta untuk satu kali pencairan. Namun ada baiknya calon pendaftar harap memastikan beberapa persyaratan berikut ini:

1. Warga Negara Indonesia

2. Karyawan atau pekerja penerima upah

3. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan

4. Calon penerima BSU berada di Zona PPKM IV

5. Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang membayar iuran dengan besaran iuran dihitung berdasarkan upah Rp3,5 juta sesuai upah terakhir yang dilaporkan Pemberi Kerja ke BPJS Ketenagakerjaan

JI


Tags : #presiden jokowi #presiden joko widodo #ppkm level 4 #kemnaker #jokowi #joko widodo #bsu #bantuan subsidi upah
Kategori : Nasional
Sumber : konferensi pers