Dekan FK Unair Sebut 2 Syarat Utama Pendidikan Kedokteran Tetap Relevan dalam Merespon Kemajuan Zaman

JURNALIS INDONESIA - Penularan wabah Corona Virus Disease (Covid-19) sempat menjadi kasus yang sangat diwaspadai oleh masyarakat dunia khususnya di Indonesia.

Penyebaran virus Covid-19 memberikan pukulan telak pada berbagai sektor kehidupan, baik dari segi perekomian, kesehatan, maupun pendidikan.

(BACA JUGA:Dosen Akuakultur PSDKU UNAIR Banyuwangi Jelaskan Bermacam Penyakit Ikan Koi dan Cara Pengobatanya)

Di Indonesia banyak penyelanggaraan sistem pendidikan yang harus terganggu atau mau tidak mau harus dihentikan sementara.

Hal ini akhirnya menjadikan pemerintah serta berbagai kalangan akademisi, mau tidak mau harus mencari alternatif baru yakni dengan pembelajaran tatap muka. 

Langkah ini sebagai bagian dari upaya pencegahan atau preventif yang biasanya dikenal dengan Physical Distancing demi kesehatan dan keselamatan bersama.   

(BACA JUGA:Waspada! Begini Cara Penularan Penyakit Cacar Monyet yang Harus Anda Tahu)

Terkhusus di kalangan mahasiswa, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (UNAIR) Prof Dr Budi Santoso dr Sp OG (K) menuturkan bahwa kemajuan teknologi sangat membantu dalam hal Transformasi Perkuliahan.

Proses belajar dan mengajar selama pandemi diakui Prof Budi tetap dilakukan dengan sistem blended learning.

"Physical distancing menjadi hal yang mutlak diharuskan. Maka kita pun merasa bersyukur dan beruntung bahwa kemajuan teknologi sudah mampu mentransformasikan perkuliahan yang utamanya berkaitan dengan pengetahuan, dilakukan dengan blended learning sampai saat ini masih berlangsung," jelasnya pada webinar TASTIDIKDOK Selasa (29/3/2022).

(BACA JUGA:Tak Perlu Bingung Cari Obat Sakit Gigi, Ini 7 Tanaman Herbal Paling Ampuh untuk Redahkan Rasa Nyeri)

Diakui Prof Budi, pengajaran dan kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa, khususnya di FK UNAIR, mahasiswa tidak hanya diajarkan tentang skill, melainkan juga kegiatan Pelayanan Sosial Kemasyarakatan.

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : unair news