Operasi Zebra Jaya 2022 Resmi Diselenggarakan, Irjen Firman Shantyabudi Ajak Masyarakat Tertib Peraturan


Irjen Firman Shantyabudi ketika memimpin apel Operasi Zebra--korlantas.polri.go.id

JURNALIS INDONESIA - Operasi Zebra Jaya 2022 dibuka dengan apel di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya yang dipimpin oleh Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi pada hari Senin (3/10).

Gelaran Operasi Zebra Jaya 2022 ini digelar serentak yang melibatkan sekitar 23.600 personil di 33 Provinsi Indonesia mulai 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022.

Dilansir melalui laman korlantas.polri.go.id pada Senin (3/10), operasi ini memiliki tema "Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujudkan keamanan, keselamtan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang Presisi".

(BACA JUGA:Lakukan Prank KDRT di Kantor Polisi, Baim Wong dan Paula Verhoeven Terancam Hukuman 1 Tahun Penjara)

Tahun ini pelaksanaan Operasi Zebra hanya diselenggarakan di 33 Provinsi, mengingat Polda Bali masih mempersiapkan perhelatan G-20 yang akan terlaksana pada 15 November 2022.

"Pelibatan seluruh Polda yang tercatat minus Polda Bali, jadi hanya 33 polda yang melaksanakan operasi zebra karena polda bali sampai saat ini masih melaksanakan kegiatan pengamanan rangkaian G-20 yang puncaknya nanti akan terlaksana pada tanggal bulan November," jelas Irjen Firman Shantyabudi.

(BACA JUGA:6 Poin Pernyataan Sikap Jaringan GUSDURian, Tembakan Gas Air Mata jadi Sorotan)

Irjen Firman Shantyabudi juga menjelaskan tujuan diadakannya Operasi Zebra ini adalah untuk menurunkan jumlah pelanggaran lalu lintas, parahnya korban laka lantas, dan meningkatkan kedisiplinan para pengguna jalan.

"Jadi dengan tujuan ini kami berharap bahwa bukan berapa banyak Polri mampu memberikan hukuman tanda kutip menilang para pelanggar, tapi seberapa tinggi kesadaran masyarakat selama operasi ini bisa kita capai," ujar Kakorlantas yang berusia 56 tahun tersebut.

(BACA JUGA:Diduga Menjadi Penyebab Jatuhnya Korban Atas Kerusuhan Kanjuruhan, Berikut Sejarah Penggunaan Gas Air Mata)

`
Kategori : Nasional