Kunjungi Stadion Kanjuruhan Malang, Presiden Joko Widodo Sampaikan Hal Penting Ini


Presiden Jokowi meninjau kondisi Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Rabu 5 Oktober 2022--Setkab

JURNALIS INDONESIA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan penting saat mengunjungi Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Rabu 5 Oktober 2022.

Bersama Ibu Iriana Joko Widodo, Jokowi meninjau kondisi Stadion Kanjuruhan pascatragedi kerusuhan yang terjadi usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu 01 Oktober 2022 lalu.

Kedatangan orang nomor 1 di Indonesia tersebut guna mengetahui peristiwa yang terjadi saat itu. Usai meninjau kondisi stadion, Presiden memandang bahwa tragedi Kanjuruhan disebabkan oleh banyak faktor.

(BACA JUGA:Kim Garam Hengkang! LE SSERAFIM akan Comeback dengan Album 'ANTIFRAGILE', Simak Jadwalnya Disini)

“Sebagai gambaran, tadi saya melihat bahwa problemnya ada di pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam, ditambah kepanikan yang ada, tapi itu saya hanya melihat lapangannya,” ucap Presiden dalam keterangannya kepada awak media di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Presiden Jokowi kembali menegaskan bahwa tata kelola persepakbolaan Indonesia perlu diperbaiki secara keseluruhan, baik dalam hal tata kelola pertandingan, stadion, penonton, hingga pengamanan.

(BACA JUGA:Ketum PBNU Adakan Doa dan Tahlilan untuk Para korban Tragedi Kanjuruhan, dengan Memberikan Bantuan Berikut)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menambahkan bahwa Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menyatakan kesiapannya untuk membantu memperbaiki tata kelola tersebut.

“Saya kira kita memang perlu evaluasi total semuanya, baik manajemen pertandingan, manajemen stadion, manajemen penonton, manajemen waktu, manajemen pengamanan. Semuanya harus dievaluasi total agar peristiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan ini tidak terjadi lagi, jelas semuanya,” tegasnya.

(BACA JUGA:Bertolak ke Malang, Presiden Joko Widodo Kunjungi dan Berikan Santunan Korban Kerusuhan Stadion Kanjuruhan)

`
Kategori : Nasional