Gagal Ginjal Akut Pada Anak Diduga Karena Obat Sirup dari India! Ini Bahaya Konsumsi Berlebih Etilen Glikol


Ilustrasi obat sirup anak diduga akibatkan gagal ginjal akut--Freepik/user18526052

JURNALIS INDONESIA - Kasus Gagal Ginjal akut pada Balita tiba-tiba melonjak signifikan dalam 2 bulan terakhir.

Lembaga Kesehatan Dunia, WHO menyebut bahwa sirup obat batuk asal India yang tercemar etilen glikol ini jadi penyebabnya. 

Kasus ini secara misterius menyerang di Gambia, Afrika pada awal Oktober lalu. Sebanyak 66 anak meninggal dunia akibat gagal ginjal misterius. 

Kemudian, di Indonesia selama 2 bulan terakhir kasus ini melonjak signifikan hingga menyebabkan kematian pada anak sebanyak 99 anak yang terjadi di 20 provinsi di Indonesia. 

(BACA JUGA:Tiba-Tiba Kasus Gagal Ginjal Anak Meningkat! IDAI Berikan Himbauan Berikut Supaya Buah Hati Tetap Terjaga)

Terdapat 4 obat sirup yang diduga tercemar etilen glikol dan dietilen glikol. Diantaranya yakni Promethazine Oral Solution, obat batuk sirup bayi Kofexmalin, obat batuk sirup Makoff, dan obat demam sirup Magrip N. yang merupakan produksi Maiden Pharmaceuticals Limited, perusahaan farmasi asal India. 

Kemudian WHO mengeluarkan peringatan kepada Maiden Pharmaceuticals Limited untuk menghentikan sementara produksi obat batuk yang diduga menyebabkan kematian anak akibat gagal ginjal. 

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga menghimbau kepada masyarakat serta tenaga kesehatan agar tak memberikan obat sirup yang diduga terkontaminasi etilen glikol dan dietilen glikol tersebut. 

(BACA JUGA:Breaking News! Kubah Masjid Jakarta Islamic Center Kebakaran, 6 Unit Damkar Diterjunkan)

Lantas apa sebenarnya etilen glikol yang diduga jadi penyebab kematian akibat gagal ginjal akut pada anak? 

`
Kategori : Nasional
Sumber : cdc,kemenkes,who