5 Daftar Obat Sirup yang Mengandung Senyawa EG dan DEG, Jadi Penyebab Gagal Ginjal pada Sejumlah Anak


Ilustrasi Obat Sirup-Freepik-Freepik

JURNALIS INDONESIA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebutkan daftar lima obat sirup yang mengandung senyawa etilen glikol (EG) yang melebihi ambang batas.

Temuan tersebut berdasarkan pemeriksaan dugaan cemaran senyawa dalam 39 bets dari 26 sirup obat hingga tanggal 19 Oktober 2022 lalu.

Adapun pengujian obat sirup itu menyusul merebaknya kasus gagal ginjal akut progresif atipikal di sebagian besar daerah di Indonesia.

(BACA JUGA:Link Nonton dan Sinopsis Anime Yakusoku no Neverland season 1 sub Indo Full HD, Bukan Samehadaku dan Oploverz)

"BPOM melakukan tindak lanjut dengan memerintahkan kepada industri farmasi pemilik izin edar untuk melakukan penarikan sirup obat dari peredaran di seluruh Indonesia dan pemusnahan untuk seluruh bets produk," melansir pernyataan resmi situs resmi BPOM.

Sementara itu, BPOM menyatakan penarikan lima produk obat itu wajib mencakup seluruh outlet distribusi.

(BACA JUGA:RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo Tampung 49 Pasien Gagal Ginjal Akut, 31 Anak Meninggal Dunia)

Seperti, pedagang besar farmasi, instalasi farmasi pemerintah, apotek, instalasi farmasi rumah sakit, puskesmas, klinik, toko obat, dan praktik mandiri tenaga kesehatan.

Sedangkan, acuan yang digunakan dalam pengujian tersebut yakni Farmakope Indonesia dan/atau acuan lain yang sesuai Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan sebagai standar baku nasional untuk jaminan mutu semua obat yang beredar.

(BACA JUGA:3 Zat Kimia Ini Sebabkan Gagal Ginjal Akut pada Anak-anak)

`
Kategori : Nasional