Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Umumkan Obat untuk Atasi Gagal Ginjal Akut pada Anak


Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin -PMJNews-pmjnews.com-

JURNALIS INDONESIA- Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengumumkan bahwa saat ini sudah ditemukan Obat untuk mengatasi penyakit Gagal Ginjal Akut bernama Fomepizole.

Obat gagal ginjal akut tersebut kabarnya belum tersedia di Indonesia sehingga harus didatangkan dari produsen obat Singapura.

Saat ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sedang berusaha supaya obat tersebut dapat didistribusikan ke Indonesia.

''Begitu kami tahu penyebabnya apa, toxic-nya apa, kami mencari obatnya untuk para Balita yang masuk rumah sakit. Sudah ketemu obatnya, namanya Fomepizole (Injeksi),''terang Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers AKI di Jakarta (21/10/2022).

(BACA JUGA:Hadiri HUT Golkar ke-58, Presiden Jokowi: Jangan Sampai Ganggu Stabilitas)

Pemerintah diketahui sudah memesan 200 vial fomepizole. Tiap vial dapat diinjeksikan pada satu orang penederita gagal ginjal akut. 

Direktur Utama Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo Dr. Lies juga mengemukakan bahwa ada zat yang memiliki kemampuan untuk mengikat racun dalam obat Singapura tersebut.

''Ternyata ada zat yang terkandung dalam obat tertentu yang bisa mengikat racun dalam tubuh seseorang. Setelah dicari, ternyata salah satunya yang menjual adalah Singapura,''jelas dr. Lies pada konferensi pers kasus GgGAPA di RSCM pada hari Kamis (20/10/2022).

(BACA JUGA:Penelitian Terbaru Ungkap Temuan Kandungan Mikroplastik dalam ASI)

''Hasilnya kita tunggu dulu karena baru dua hari (obat diberikan kepada pasien) jadi kita belum bisa menyampaikan secara pasti (hasilnya) walaupun sebagian menunjukkan perbaikan,''tambahnya.

Saat ini, lonjakan kasus gagal ginjal akut pada anak telah mencapai 241 orang dengan 133 orang dinyatakan meninggal dunia.

Pemerintah berharap bahwa Fomepizole berguna untuk mengatasi gagal ginjal akut pada anak dan menjadi solusi yang tepat untuk menurunkan kasus gagal ginjal akut yang saat ini sedang mengalami peningkatan.

JI

`
Kategori : Nasional
Sumber : keterangan pers