2023 Diprediksi Jadi Tahun yang Suram Akibat Resesi Pengangguran Jadi Kelompok Rentan Masalah Kesehatan Mental


Ilustrasi Resesi-pikisuperstar-Freepik

JURNALIS INDONESIA - Tahun 2023 tinggal menghitung bulan. Ancaman 'kiamat' resesi makin ramai digaungkan hingga menciptakan ketakutan tersendiri bagi masyarakat di seluruh dunia. 

Negara adidaya Amerika Serikat sebelumnya telah menunjukkan tanda-tanda akan mengalami resesi pada tahun 2023 mendatang. Kemungkinan inflasi tak dapat terelakkan, hingga terjadi penurunan atas pembelian ekuitas swasta yang dapat menurunkan pendapatan ekonomi. 

Bayang-bayang resesi menjadi momok tersendiri bagi masyarakat di seluruh dunia. IMF (International Monetary Fund) dan World Bank telah menggaungkan pengumuman ini. Ditambah lagi dengan riset dari Ned Davis Research (firma riset investasi) yang memperkirakan bahwa kemungkinan prosentase terjadinya resesi di tahun depan yakni 98,1%. 

(BACA JUGA:Menuju Transformasi Electricity, Siapkah Indonesia?)

Inflasi di beberapa negara menjadikan semua komoditas jadi serba mahal. Hal tersebut merupakan imbas atas perang Rusia-Ukraina yang menghambat logistik suplai barang. Akibatnya terjadi lonjakan harga karena banyaknya demand yang muncul. 

Tak hanya soal itu, resesi ekonomi juga menjadi momok menakutkan bagi para pengangguran. Sudah tak punya pekerjaan serta masih harus merasakan harga-harga yang tak wajar pada pasar, membuat kondisi kesehatan mental pengangguran menjadi tidak stabil. 

Pernyataan tersebut merupakan kutipan pada sebuah oleh Virág Kapuvári dalam karya jurnal European Journal of Mental Health pada tahun 2011 dari Semmelweis University Institute of Mental Health, Budapest. 

(BACA JUGA:Kondisi Mengerikan yang Dialami Manusia Tenggelam di Laut Lebih dari 800 Meter, Pembuluh Darah Sampai Pecah)

Pada pernyataan tersebut, Virág menyatakan bahwa pengangguran cenderung memiliki kesehatan mental yang mengkhawatirkan. Efek psikologis yang menjadi dampak akibat tidak memiliki pekerjaan diantaranya adalah depresi dan kecemasan. 

`
Kategori : Nasional