Diklaim Jadi Penyelamat Saat Pandemi COVID-19, Bagaimana Kontribusi UMKM Untuk Perekonomian Negara?


Foto Emil Dardak Menghadiri Acara Peresmian BSI UMKM Center--

JURNALIS INDONESIA - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dinilai jadi penyelamat saat kondisi ekonomi terpuruk akibat pandemi COVID-19. Hal tersebut merupakan sebuah pembuktian atas kekuatan UMKM terhadap perekonomian suatu negara. 

Siapa sangka di tahun 2020 menjadi tahun yang suram bagi seluruh dunia. Wabah pandemi COVID-19 cepat menjalar menjadi sebuah momok mengerikan yang dapat merusak segala aspek kehidupan, tak terkecuali pada perekonomian negara. 

Tahun 2020 awal saat kemunculan COVID-19 mewabah di seluruh dunia, mengharuskan masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Alhasil banyak aktivitas perekonomian menjadi terhambat, hingga menyebabkan pertumbuhan ekonomi bernilai minus -6,13% pada kuartal ke-2 tahun 2020. 

(BACA JUGA:2023 Diprediksi Jadi Tahun yang Suram Akibat Resesi Pengangguran Jadi Kelompok Rentan Masalah Kesehatan Mental)

Banyak masyarakat yang merasakan kerugian akibat pandemi, termasuk para pebisnis. Tak sedikit bisnis dapat gulung tikar karena tak dapat menutupi biaya operasional yang membengkak, hingga PHK massal pada perusahaan. 

Namun, ternyata PHK karyawan di masa pandemi COVID-19 tak selalui menjadi bencana bagi sebagian orang. Terbukti banyaknya UMKM yang muncul akibat PHK, hingga menjadikan masyarakat secara mandiri menciptakan lapangan kerja untuk dirinya. Yakni dengan membuat bisnis kecil-kecilan atau disebut UMKM. 

Sebelum pandemi melanda, UMKM memang telah berkontribusi banyak pada perekonomian Indonesia. Itu dapat dibuktikan dari keterlibatannya sebanyak 60% dalam perekonomian nasional. 

(BACA JUGA:BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi 4 Meter, Ini Wilayah Perairan Indonesia yang Terdampak)

Meskipun pandemi COVID-19 merubah segala rencana yang telah ditetapkan, pelaku usaha mikro masih mendominasi di sepanjang triwulan III tahun 2020. Tentunya hal tersebut membuat UMKM menjadi usaha yang kontribusinya tak dapat disepelekan. 

`
Kategori : Nasional