Fakta Unik Arti Motif Batik Parang yang Pernah Dipakai Artis Hollywood Jessica Alba, Punya 53 Motif Berbeda


Jessica Alba-Youtube/Jadi Gini Guys-Youtube

AKSARA KHATULISTIWA- Keindahan Motif Batik Parang ternyata memiliki Arti tersendiri dan terdapat berbagai macam Motif.

Kini batik Indonesia sudah banyak dikenal oleh dunia, bahkan artis Hollywood Jessica Alba juga pernah memakai batik saat acara red carpet.

Motif batik Indonesia yang dipakai pada busananya yakni motif Batik Parang. Batik motif Parang atau yang dikenal dengan batik istana berpola miring atau bahkan diagonal.

(BACA JUGA:15 Link Twibbon Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022, Cocok Dibagikan di Media Sosial)

Dikutip dari penelitian Guntur (2019) Batik Parang terdiri atas 12 jenis, yakni Pancing, Centung, Sobrah, Sonder, Sawut, Sawut Kecil, Menang, Kusumo, Sarpa, Suli, Barong, dan Rusak Barong.


Jenis Motif Batik Parang-Guntur (2019)-Jurnal Panggung

Namun menurut buku ''De Batik-Kunst in NederlandschIndie en Haar Geschiedenis'', Batik Parang memiliki 53 motif seperti  parang rusak, menang/ wenang, baris, daon, jejer, jenggot gede, jenggot cilik, janggut, pantung, kagok, karna/kerna,

(BACA JUGA:Jangan Lupa! Pre Order iPhone 14 Series Dibuka Malam Ini, Simak Spesifikasi dan Harga Terbaru Berikut)

kembang, kesula, kiting, kresna, kuru, kurung, kusuma, loreng, manggar, mendung, pakis, parung, plentong, prajurit, rejeng, reh, sawut, selimpet, sisik, sonder, sruwa, cantel, cinde,


Motif Parang-Guntur (2019)-Jurnal Panggung

semampir, tritik/tritis, tuding, ukel, wenang, westi, rusak bares, rusak barong, rusak gendreh, rusak kagok, rusak klitik, rusak klitik lar-laran, rusak lar-laran, rusak putra, rusak putri, rusak

sawut, rusak Semarangan, rusak tanggung, rusak cilik/rusak cilik, dan parang rusak wenang.

(BACA JUGA:Ramalan Tarot Zodiak Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius 27 dan 28 Oktober 2022)

Motif Batik Parang tersusun atas 3 unsur seperti motif utama, motif Isen ('isian' dalam bahasa Indonesia), serta motif pendukung.

Sebagai contoh Batik Parang Sawut memiliki motif utama yang berbentuk daun, arsiran di dalamnya yang membentuk tangkai dan guratan daun adalah motif isen (isian), serta bagian motif pendukung berbentuk mirip belah ketupat disebut dengan Mlinjon.

Ciri khas dari motif Batik Parang pada umumnya memiliki Garis bergelombang dan melengkung ke arah dalam, masing-masing lengkungan memiliki jarak yang sama dan saling berhadapan atas bawah, serta memiliki lengkungan atas bawah yang berbentuk setengah lingkaran.

(BACA JUGA:Pengertian dan Sejarah Antisemit, Ujaran Kebencian kepada Yahudi Sebabkan Kanye West Diputus Kontrak Adidas)

Berikut ini merupakan fakta unik motif Batik Parang khas Indonesia menurut penelitian Kristie dkk (2019):


Kain Batik-Pexels/motomotosc-Pexels

1. Garis

Garis batik parang memiliki garis diagonal yang mengartikan sikap pantang menyerah walau sedang menghadapi rintangan. Selain itu, garis pendek pada batik Parang memiliki arti sifat bijaksana dan rasa senasib sepenanggungan yang wajib dimiliki oleh pemimpin.

Garis tebal yang kokoh pada barik Parang menunjukkan bahwa seseorang tidak hanya memiliki kekuatan fisik saja, tetapi juga harus memiliki kemampuan untuk mengendalikan hawa nafsu dalam diri.

(BACA JUGA:Ramalan Zodiak Cancer, Leo dan Virgo Besok Kamis 27 Oktober 2022: Leo Jangan CLBK)

2. Bentuk

Bentuk tegas,lurus, dan kokoh mewakili sebuah karakter dari seorang Raja yang bijaksana dan tidak pantang menyerah. Bentuk lingkaran pada batik Parang mengartikan bahwa seorang pemimpin harus memiliki empati terhadap orang di sekelilingnya.

3. Warna

(BACA JUGA:Panitia Ayifest Janji Kembalikan Dana dalam 45 Hari Kerja, Langgar Undang Undang Perlindungan Konsumen?)

Batik Parang yang memiliki warna jingga, hijau, kuning memiliki sifat optimis. Warna cokelat pada batik Parang memiliki arti sifat solidaritas dan kepercayaan, serta kuat dan dpat diandalkan.

Warna hitam mengartikan hati yang teguh dan kuat. Adapun batik Parang warna biru memiliki sifat keabadian dan kestabilan.

JI

`
Kategori : Gaya hidup
Sumber : berbagai sumber