Bintang Keluarga! LMPV Paling Digemari oleh Masyarakat Indonesia, Mengapa Demikian?


New avanza-Instagram @toyotid-Tangkapan layar instagram

JURNALIS INDONESIA - Masih jadi mobil paling laku untuk boyong keluarga jalan-jalan. Mobil dengan jenis LMPV dengan 7 tempat duduk punya pangsa terbesar di Indonesia. 

Sebanyak 25% dari total penjualan mobil penumpang masih dikuasai oleh pasar LMPV. Mulai dari merek Jepang hingga Tiongkok, mobil LMPV masih jadi kesukaan keluarga Indonesia. 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) penjualan mobil secara wholesale sebanyak 13 ribu lebih unit selama bulan April 2021. Bahkan selama 6 bulan ke belakang, penjualan mobil cenderung tumbuh signifikan dengan rata-rata nilai mencapai 60%. 

(BACA JUGA:3 Varian Wuling Air EV Mobil Listrik Produksi Tiongkok, Solusi Cerdas Harga BBM yang Makin Melambung Tinggi )

Salah satu Lmpv paling laris dan paling sukses yang telah melegenda sejak dahulu yakni Toyota Avanza.

Prestasi ini terbukti dengan sebanyak lebih dari 5 ribu unit berhasil terjual selama April 2021 yang mengukuhkan eksistensi Avanza di ranah otomotif nasional.

Kemudian disusul dengan Mitsubishi Xpander yang menjual hampir 4 ribu unit di periode yang sama. 

Pernyataan tersebut semakin menguatkan bagaimana pasar LMPV memang sangat potensial bahkan terus bertumbuh setiap waktu. 

Namun, mengapa pasar LMPV begitu kuatnya di Indonesia? Apa yang mempengaruhi konsumen memilih mobil LMPV dibandingkan dengan mobil jenis lainnya?

(BACA JUGA:Porsche Produksi Mobil Custom Spesial Buat Jennie BLACKPINK Setara 5 Buah Pajero Sport!)

Sepanjang tahun 2015-2019 dari jenis MPV yang ada, sebanyak 71% merupakan prosentase penjualan mobil LMPV. Sedangkan sisanya Medium MPV memiliki prosentase 19%, Compact MPV sebanyak 3% dan Luxury MPV sebanyak 1%. 


mitsubishi Xpander--mitsubishi-motors

Berdasarkan penelitian oleh Tri Ajeng Melati pada Jurnal Dinasti International Journal of Digital Business Management (2021) konsumen menggemari mobil LMPV karena memiliki harga yang terjangkau. 

Kesesuaian harga dengan fasislitas yang ditawarkan dinilai oleh konsumen sudah sesuai. Selain itu, pada desain mobil LMPV juga dinilai mengikuti perkembangan zaman. 

Hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan desain mobil LMPV paling laris di Indonesia, yakni saudara kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. 

(BACA JUGA:Heboh Rizky Billar Diduga Pelaku KDRT, Simak Motor Triumph Bonneville Hadiah dari Lesti Kejora)

Jika diperhatikan, kini desain kedua LMPV sejuta umat tersebut telah dirombak total mengikuti dengan model mobil zaman sekarang. 

Desainnya lebih maskulin dan lebih sporty karena mengadaptasi desain SUV. Suasana baru dalam LMPV legendaris ini kemudian mampu menarik konsumen baru dalam pasar otomotif di Indonesia. 

Kemudian, ada alasan terpenting mengapa LMPV masih menjadi pilihan bagi masyarakat di Indonesia. 

(BACA JUGA:Bukan Kenakan Baju Batik, inilah Motif Sebenarnya Pakaian Valentino Rossi Saat Baptis Putrinya)

LMPV memiliki 7 seater, dimana kapasitas ini tergolong sangat cukup untuk keluarga di Indonesia yang setidaknya memiliki 2-3 anak setiap keluarga. Hal tersebut membuatnya jadi mobil yang ramah untuk keluarga, karena memang muat sebagai kendaraan untuk boyong keluarga. 


Hyundai Stargazer-SMR-hyundai

Selain itu, tradisi lebaran dan pulang kampung menjadi salah satu alasan mengapa LMPV dinilai paling cocok buat boyong keluarga ke kampung halaman. Bahkan dari beberapa data yang didapat, menjelang lebaran 2018 mobi bekas LMPV menyumbang 40%. 

LMPV dinilai paling cocok untuk keluarga karena memiliki kapasitas yang cukup besar, dengan harga yang terjangkau. Dimana harga LMPV kini berkisar Rp 200-270 juta. 

Harga-harga LMPV juga tergolong murah, dimana harga tersebut telah mencakup fasilitas-fasilitas yang cukup untuk sebuah LMPV. 

JI

`
Kategori : Otomotif
Sumber : berbagai sumber