Ibu Harus Tau! Ini 8 Cara untuk Atasi Kesehatan Mental Remaja


cara mengatasi masalah kesehatan mental pada [email protected] shurkin_son-freepik.com

JURNALIS INDONESIA – Orang tua terutama ibu memainkan peran penting dalam perkembangan psikologis Anak-Anak.

Dalam artikel ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak Remaja Anda dengan masalah Kesehatan Mental yang dapat dialaminya.

Melansir dari Healthsots, dikatakan bahwa remaja merupakan fase yang suka membantah dan terkadang membuat khawatir. Jika Anda tidak dekat dengan anak, maka akan sulit untuk memprediksi keinginannya.

Seorang ahli kesehatan mental yang berbasis di AS dan spesialis psikiatri, memberikan tips dan cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu masalah kesehatan mental pada anak remaja.

Dikatakan bahwa seorang Ibu adalah posisi yang paling penting dalam perkembangan anak terutama di fase ini. Seorang ibu akan berperan sebagai panutan pertama seorang anak yang dapat dipercayai, kemudian pada fase remaja ini seorang Ibu juga perlu mampu untuk bertransisi dari pengasuh utama menjadi seorang partner atau teman.

Menurut Dr Gautam, masa remaja adalah “periode kehidupan yang paling umum di mana masalah kesehatan mental muncul,” dan Kecemasan serta Depresi menjadi “kondisi paling umum dalam kelompok usia ini,” ujarnya.

Kemudian ia menjelaskan, kecemasan bermanifestasi karena terlalu khawatir. Hal ini dapat tampak dengan ciri-ciri seperti menghindari sekolah dan pertemuan teman atau keluarga, takut akan pengalaman sehari-hari, kecemasan terkait hal-hal buruk yang terjadi di masa depan, gangguan tidur dan juga sering mengalami episode panik.

Adapun depresi pada remaja, itu memiliki ciri lekas marah dan suka membantah, dan itu muncul sebagai perubahan kepribadian, sering menangis, suasana hati yang terus-menerus sedih, kurang tidur dan tidak nafsu makan. Mereka juga memiliki keraguan tentang citra diri, mereka merasa tidak berharga dan dapat menyebabkan menyakiti diri sendiri atau bahkan memiliki pikiran untuk bunuh diri.

Oleh karena itu di fase remaja ini seorang anak juga perlu dukungan dan perhatian yang khusus oleh orang tua. Berikut merupakan hal-hal yang dapat dilakukan untuk membantu anak remajanya yang mengalami masalah kesehatan mental:

1. Menerima pengalaman Emosional anak Anda

Sebagai seorang ibu atau orang tua, Anda harus terbuka untuk mendengarkan mereka serta yang terpenting, memvalidasi apa yang mereka rasakan, saran Dr Gautam.

`
Kategori : Kesehatan