5 Tips Mengatasi Depresi dan Kecemasan untuk Menjaga Kesehatan Mental yang Positif


tips menjaga kesehatan mental-kalyanayahaluwo-Pixabay

JURNALIS INDONESIA – Kesehatan Mental kita sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita. Untuk itu berikut 5 tips untuk jaga Kesehatan Mental agar tetap atau menjadi positif.

Masalah kesehatan mental yang paling umum diderita orang adalah Depresi dan Kecemasan.

Meskipun kecemasan dan depresi memiliki gejala yang berbeda namun kamu bisa mencoba melakukan 5 tips ini untuk mengatasi keduanya. 

(BACA JUGA:Link Nonton Bullet Train Sub Indo Full HD, Bukan Rebahin, LK21, IndoXXI, dan Film Apik, Streaming di Sini)

Depresi membawa perasaan sedih yang terus-menerus. Seseorang cenderung kehilangan minat pada aktivitas yang pernah disukainya, dan ada kekurangan energi. Beberapa orang dengan depresi bahkan ingin menyakiti diri sendiri.

Kecemasan merupakan kekhawatiran atau ketakutan yang parah dan tidak terkendali. Bergantung pada tingkat kecemasan dan jenis gangguannya, seseorang dapat mengalami kekhawatiran selama aktivitas sehari-hari seperti bertemu orang baru.

Beberapa langkah sederhana dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental. Dengan menerapkan langkah ini diharapkan kamu dapat segera merasakan manfaat dan perubahannya seperti suasana hari yang membaik, membangun ketahanan dan membantumu untuk menikmati hidup secara keseluruhan.

(BACA JUGA:Link Nonton Puss In Boots: The Last Wish Sub Indo Full Movie, Bukan Rebahin, LK21, IndoXXI, Film Apik)

Melansir dari Healthsots berikut 5 cara yang bisa membantu menjaga dan memperbaiki kesehatan mental yang bisa dilakukan.

1. Perawatan diri

Hal-hal yang membantu seseorang hidup dengan baik dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Perawatan diri membantu mengurangi Stres, menurunkan kemungkinan penyakit, dan meningkatkan energi. 

Menyisihkan sedikit waktu untuk perawatan diri dalam rutinitas sehari-hari dapat memberikan dampak yang signifikan. Beberapa aktivitas untuk perawatan diri antara lain berolahraga secara teratur, memprioritaskan tidur, melatih rasa syukur, fokus pada kepositifan, dan sebagainya.

(BACA JUGA:Tiket Masuk Farmhouse Lembang Terbaru 2023, Lengkap dengan Wahana dan Cara Kesana)

2. Meditasi

Meditasi menghasilkan pikiran yang tenang dalam keadaan relaksasi yang mendalam. Selama meditasi, seseorang melenyapkan semua pikiran campur aduk yang memenuhi pikiran dan menyebabkan stres dengan berfokus pada pernapasan. Kegiatan ini meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan emosional.

3. Membuat catatan harian

Catatan harian adalah alat yang berguna untuk mengelola kesehatan mental. Ini membantu untuk mengatasi emosi yang meluap-luap dengan mengungkapkannya dalam bentuk tertulis.

Membuat catatan harian membantu mengendalikan gejala dan meningkatkan suasana hati dengan memprioritaskan masalah, kekhawatiran, dan ketakutan, mengidentifikasi pikiran dan perilaku negatif, dan terlibat dalam pembicaraan diri yang positif.

(BACA JUGA:6 Minuman Pembersih Ginjal Alami yang Mudah Dibuat Sendiri Di Rumah, Air Jeruk Lemon Salah Satunya)

4. Perhatian penuh

Mindfulness, sebagai alat, membantu mengelola kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan. Ini adalah cara memperhatikan saat ini dengan teknik yoga, pernapasan, dan meditasi. 

Melalui praktik mindfulness seperti itu, seseorang dapat menjadi lebih sadar akan perasaan dan pikiran dan alih-alih menjadi kewalahan oleh hal tersebut, menjadi lebih mampu mengelolanya.

5. Mencari seorang ahli kesehatan mental

Jika gejalanya parah dan menyusahkan, seseorang harus mencari bantuan profesional. Kelompok pendukung, psikolog, dan psikiater bekerja dengan individu, kelompok, keluarga, dan komunitas untuk menilai masalah. 

(BACA JUGA:Cek 7 Mitos Tentang Sarapan yang Masih Banyak Dipercaya Orang!)

Seseorang harus dengan jujur berbagi perasaan dan emosinya dengan para ahli untuk menerima terapi dan pengobatan yang tepat untuk mengobati gangguan kesehatan mental.

JI

 
`
Kategori : Gaya hidup