5 Cara Mudah Perawatan Bibir Kering, Pecah-pecah dan Kusam dari Ahlinya


Bibir kering dan Pecah-pecah--pixabay.com

JURNALIS INDONESIA - Bagaimana cara menghilangkan Bibir Pecah-pecah? Cobalah 5 tips yang disarankan oleh para ahli ini untuk membuatnya halus dan terhindar dari Bibir Kering, pecah-pecah dan tampak kusam.

Lipstik adalah kosmetik populer untuk wanita, dan untuk alasan yang bagus. Mereka langsung mewarnai bibirmu, memberi kamu penampilan cantik dalam hitungan menit. 

Namun ketika bibir kering dan pecah-pecah maka pengaplikasian Lipstick akan menjadi susah dan menyebalkan karena juga membuat warna Lipstick tidak menempel dengan benar di bibir.

(BACA JUGA:Stop! Jangan Ucapkan 7 Kalimat Toxic Ini Kepada Diri Sendiri Menurut Ahli Psikiater)

Karena bibir adalah salah satu bagian tubuh yang paling sensitif, bibir membutuhkan perawatan dan perlindungan khusus. Kulit bibir bisa terkelupas, dan cuaca dingin serta angin cenderung membuat bibir pecah-pecah dan kering. 

Dr Neha Sharma, Dokter Kulit di Klinik Estique di Gurugram, akan memberitahukan tips dan perawatannya.

Ia juga menerangkan beberapa faktor yang mengakibatkan bibir pecah-pecah.

“Bibir pecah-pecah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, yang paling umum adalah cuaca dingin, kering, kerusakan akibat sinar matahari, dan ketika menjilat bibir. Kurangnya nutrisi adalah penyebab umum lain dari bibir pecah-pecah, ”ujarnya, yang dilansir dari Health Shots.

(BACA JUGA:6 Kebiasaan Perawatan Kulit yang Buruk dan Sering Diabaikan, Salah Satunya Eksfoliasi Berlebih)

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bibir pecah-pecah? Simak 5 cara mudahnya di sini.

1. Gunakan Lip Balm yang tidak menyebabkan iritasi

Kamper, kayu putih, perasa termasuk kayu manis, jeruk, mint dan peppermint, wewangian, lanolin, mentol, oktinoksat, fenol, propil galat, dan asam salisilat adalah beberapa komponen dalam lip balm yang dapat mengiritasi bibir. 

Jika ada sensasi terbakar atau perih setelah mengoleskan lip balm, sangat penting untuk menghentikannya. Sebagai gantinya, gunakan lip balm buatan sendiri . Selain itu, pastikan kamu tidak menggunakan produk bibir yang sudah ketinggalan zaman.

(BACA JUGA:7 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Tingkatkan Kesehatan Mental Kamu di Awal Tahun )

2. Petroleum jelly

Gunakan lip balm yang mengandung zat penenang seperti ceramide, dimethicone, petrolatum, shea butter, dan petroleum jelly putih. 

Gunakan krim bibir, sebaiknya petroleum jelly putih, jika bibirmu sangat kering. Ini adalah cara yang fantastis untuk menjaga kelembapan bibir. Bibir kamu akan tetap lembut dan halus karena juga meningkatkan penghalang kulit dan menghentikan penguapan kelembaban.

3. Tabir surya bibir

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bibirmu adalah menggunakan pelembab bibir SPF. Dr Sharma berkata, “Gunakan agen pelindung matahari seperti titanium dioksida dan seng oksida dalam perawatan bibir Anda". 

(BACA JUGA:Kenali Manfaat Air Bawang Merah, Apakah Bagus untuk Mengobati Flu, Batuk dan Pilek?)

Terapkan kembali setelah setiap 3 jam. Untuk menghindari kulit pecah-pecah atau kering di bibir. Selain itu kamu juga bisa melakukan perawatan bibir dengan eksfoliasi dengan produk alami seperti gula, madu, atau kulit jeruk.

4. Minum air

Tubuh dan bibir menjadi kering, kusam, dan pecah-pecah karena faktor-faktor seperti polusi lingkungan dan udara kering. Jadi pastikan untuk minum banyak air agar bibir tetap lembab. Terlepas dari musimnya, kamu tetap harus berusaha untuk minum setidaknya 7-8 gelas air setiap hari, baik saat musim panas maupun musim dingin.

5. Berhenti menjilati bibir 

Hentikan menggigit, dan menjilat bibir. Ketika bibir kita kering, mungkin terlihat alami untuk dijilat, tetapi ketika air liurnya hilang, bibir menjadi lebih kering. Bahkan bisa mengakibatkan hiperpigmentasi bibir. 

(BACA JUGA:6 Makanan dan Minuman yang Bagus Dikonsumsi Sebelum Tidur, Bisa Turunkan Risiko Penyakit Diabetes dan Jantung)

Cukup gunakan lip balm daripada menjilat bibirmu!

JI

`
Kategori : Kesehatan