5 Makanan untuk Bantu Obati Masalah Alergi, Kulit Gatal atau Eksim


Ilustrasi makanan sehat untuk alergi, eksim-Pexels-pixabay

JURNALIS INDONESIA – 5 Makanan untuk perawatan Kulit Gatal yang bisa membantu mengatasi masalah Eksim.

Gatal merupakan gejala yang sangat mengganggu. Tidak ada yang menginginkan kulit kering, gatal, merah.

Kita semua tahu bahwa makanan memberi Nutrisi pada tubuh kita dan memberi energi untuk beraktivitas, tetapi tahukah Anda bahwa makanan juga bisa berfungsi sebagai obat alami?

(BACA JUGA:6 Toksin Berbahaya yang Ternyata Banyak Ditemui di Sekitar Kita, Hati-hati!)

Ya, makanan juga merupakan obat alami bagi banyak penyakit seperti untuk menenangkan kulit gatal, menyembuhkan luka, dan melindungi kulit kita dari kerusakan akibat sinar matahari.

Pertama, mari kita cari tahu penyebab gatal:Menurut Mayo Clinic , berikut adalah beberapa penyebab umum kulit gatal, meradang, atau bersisik:

  • Kulit kering
  • Kondisi kulit seperti eksim , psoriasis, kudis atau parasit
  • Luka bakar dan jaringan parut
  • Gigitan serangga
  • Kondisi internal seperti penyakit hati, penyakit ginjal, anemia, diabetes, masalah tiroid, multiple myeloma atau limfoma
  • Gangguan mood seperti kecemasan, gangguan obsesif-kompulsif dan depresi
  • Reaksi alergi, yang dapat menyebabkan gatal-gatal atau ruam

(BACA JUGA:Awas! Ini 6 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Wajahmu Cepat Tampak Lebih Tua)

Selanjutnya, mari kita cari tahu cara meredakan gatal secara alami dengan makanan untuk kulit gatal yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Makanan Kaya Vitamin E

Jadi, apa yang baik untuk gatal? Makanan yang mengandung vitamin E dapat membantu.

menurut Linus Pauling Institute dari Oregon State University, alasannya adalah, Vitamin E memiliki sifat antioksidan , artinya membantu melindungi sel-sel Anda (termasuk sel-sel kulit) dari kerusakan.

(BACA JUGA:Ternyata 5 Teh Ini Bisa Membuat Kamu Lebih Kurus, Yuk Cobain!)

menurut Johns Hopkins Medicine, jika diterapkan secara topikal , dapat meredakan peradangan kulit dan pembengkakan akibat paparan sinar UV. Ini dapat membantu mencegah kekeringan atau gatal akibat sengatan matahari.

Sebuah studi kecil pada November 2015 terhadap 42 orang dalam Journal of Research in Medical Sciences menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin E membantu meredakan kulit kering dan gatal yang terkait dengan dermatitis atopik (juga disebut eksim) lebih baik daripada plasebo. 

Makanan tinggi vitamin E meliputi:

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Buah-buahan seperti alpukat dan kiwi
  • Sayuran seperti bayam, paprika merah, dan asparagus
  • Udang
  • Salmon kalengan

(BACA JUGA:9 Kebiasaan dan Gaya Hidup yang Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak serta Mental)

2. Makanan Kaya Vitamin C

Kelompok makanan lain yang bermanfaat untuk mengatasi kulit gatal adalah sumber vitamin C. Menurut Linus Pauling Institute, mirip dengan vitamin E, manfaat vitamin C termasuk sifat antioksidan yang membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan.

Menurut tinjauan Agustus 2017 di Nutrients, efek antioksidan ini juga dapat membantu meredakan peradangan (dan kulit merah, kering, atau gatal yang menyertainya) dari kondisi seperti eksim dan psoriasis.

Terlebih lagi, vitamin C membantu tubuh Anda membuat kolagen , sejenis protein yang membentuk kulit Anda dan membantu menjaganya tetap elastis dan terhidrasi. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen menurun. Tetapi mendapatkan cukup vitamin C dapat mendukung produksi kolagen dan kesehatan kulit sepanjang hidup Anda.

(BACA JUGA:5 Olahraga yang Mudah Dilakukan untuk Membuat Otak Cerdas dan Mudah Mengingat)

Kulit kering juga lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia. Dan salah satu cara untuk menghentikan rasa gatal akibat kulit kering yang berkaitan dengan usia mungkin adalah dengan vitamin C. Memang, penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu kulit melindungi dirinya dari kehilangan air.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi apakah efek ini juga terkait dengan vitamin C dari makanan Anda, karena sebagian besar penelitian berfokus pada krim dan losion yang diperkaya vitamin C.

Inilah makanan kaya vitamin C yang dapat membantu kulit Anda:

  • Buah-buahan seperti jambu biji, kiwi, beri dan buah jeruk
  • Sayuran seperti paprika, brokoli, dan kubis Brussel

(BACA JUGA:Lebih Baik Mengukus Ubi Jalar atau Memanggang? Cek Penjelasan dan Manfaatnya Disini)

3. Makanan Yang Mengandung Probiotik

Anda juga bisa mengonsumsi probiotik untuk mengatasi gatal dan Anda bisa mendapatkan bakteri menguntungkan ini dalam makanan Anda.

Menurut ulasan Maret 2015 di Ulasan Kritis dalam Ilmu Pangan dan Nutrisi, probiotik dapat mengubah mikrobioma kulit Anda menjadi lebih baik, yang dapat membantu mencegah atau mengobati kulit gatal, ruam, dan gejala kondisi lain seperti eksim, jerawat, atau kerusakan akibat sinar matahari. Tinjauan tersebut juga menemukan bahwa probiotik dapat membantu peradangan kulit akibat alergi.

Karena itu, beberapa makanan terbaik untuk dimakan saat Anda memiliki alergi kulit termasuk sumber probiotik alami diantaranya adalah:

  • yogurt
  • Kefir
  • Keju tertentu, seperti keju gouda dan keju cheddar
  • Mentega susu
  • kol parut
  • Kimchi
  • kombucha

(BACA JUGA:6 Kebiasaan Perawatan Kulit yang Buruk dan Sering Diabaikan, Salah Satunya Eksfoliasi Berlebih)

4. Makanan Yang Mengandung Quercetin

Anda mungkin juga bisa mengurangi rasa gatal dengan mengonsumsi makanan yang mengandung sejenis flavonoid yang disebut quercetin. Flavonoid adalah sejenis pigmen alami yang memberi warna pada tanaman. Mereka juga antioksidan yang dapat membantu melindungi sel Anda dari kerusakan.

Dan ada bukti awal yang menunjukkan bahwa quercetin khususnya baik untuk mengatasi ruam. Dalam pengamatan laboratorium, quercetin membantu mencegah sel sistem kekebalan melepaskan histamin, sejenis bahan kimia yang bertanggung jawab atas respons alergi dan gejala selanjutnya seperti pilek, mata berair, pembengkakan wajah, dan gatal-gatal. Dengan kata lain, quercetin berpotensi membantu Anda menghindari kulit gatal akibat respons alergi.

Ini adalah beberapa contoh sumber makanan yang mengandung quercetin:

  • Buah sitrus
  • Anggur
  • Dark Cherry 
  • Beri gelap seperti blueberry dan blackberry
  • Apel
  • Bawang
  • Peterseli
  • Sage
  • Minyak zaitun
  • teh
  • Anggur merah

(BACA JUGA:6 Minuman Pembersih Ginjal Alami yang Mudah Dibuat Sendiri Di Rumah, Air Jeruk Lemon Salah Satunya)

5. Makanan Anti Inflamasi

Meskipun tidak ada cara terkait diet untuk menyembuhkan gatal-gatal pada tubuh secara instan, mengonsumsi makanan antiinflamasi atau antiradang dapat membantu mencegah atau mengobati iritasi kulit.

Menurut Harvard Health Publishing, makanan tidak dapat menyembuhkan penyakit kulit secara langsung, tetapi mengonsumsi makanan anti-inflamasi berikut dapat membantu, yakni seperti:

  • Minyak zaitun
  • Tomat
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian (selama Anda tidak memiliki alergi)
  • Ikan
  • Sayuran hijau gelap
  • Buah

(BACA JUGA:3 Cara Mudah Mencerahkan Leher Hitam Agar Tampak Putih dan Sehat, Salah Satunya Bisa dengan Kentang)

JI

 
`
Kategori : Kesehatan