Veneno

Fitur Add Yours Instagram Jadi Tempat Pencurian Data, Begini Imbauan Kominfo


Fitur Add Yours Instagram-Instagram-Dok. Jurnalis Indonesia

JURNALIS INDONESIA – Sejak dirilis, fitur stiker Add Yours menjadi salah satu “mainan” baru bagi para pengguna Instagram.

Fitur stiker Add Yours umumnya digunakan untuk berbagi kegiatan dan momen-momen menyenangkan bersama para pengguna Instagram lainnya.

Namun dalam perkembangannya, fitur itu ternyata rawan disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan atau pencurian data pribadi yang dibagikan melalui unggahan Add Yours.

Secara tidak sadar, beberapa pertanyaan sederhana yang dilontarkan dalam stiker Add Yours seperti variasi nama panggilanmu, selisih usia dengan pasangan, hingga tempat tinggal kamu malah berujung pada pembocoran data pribadi.

Misalnya cuitan akun Twitter @ditamoechtar_ yang membagikan kisah temannya yang ditelepon pelaku phising. Pelaku memanggil orang itu menggunakan nama panggilan dekat.

(BACA JUGA:Resmi, Ini Aturan Lengkap PPKM Level 3 Saat Nataru)

(BACA JUGA:Ramalan Zodiak Capricorn, Aquarius dan Pisces Besok Kamis 25 November 2021, Capricorn Butuh Waktu Buat Refreshing Sejenak)

Untuk menghindari hal sejenis, berikut hal yang anda perlu pahami saat membagikan informasi atau mengikuti tren di media sosial.

Mengutip dari Instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), tren penipuan yang tengah marak di instagram itu dikenal dengan nama Social Engineering.

`
Kategori : Hiburan