Mengejar Berbagai Keutamaan Sholawat Nabi, Berikut Lima Macam Sholawat yang Biasa Diamalkan Umat Muslim


berdoa-pixabay/mucahityildiz-pixabay/mucahityildiz

JURNALIS INDONESIA - Setiap sholawat nabi memiliki keutamaan masing-masing, berikut tim Jurnalis Indonesia sajikan lima jenis sholawat yang banyak dikenal dan diamalkan oleh umat muslim beserta fadilahnya. 

Amalan sholawat Nabi menjadi salah satu bentuk ibadah yang dikerjakan di momen-momen kegamaan, seperti pengajian, pernikahan, idul fitri atau momen besar lainnya.

Amalan ini juga dianjurkan bagi setiap muslim, tidak hanya karena perintah Allah SWT namun manfaatnya kembali pada umat muslim tersebut, seperti mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, bersholawat juga merupakan upaya seorang muslim kepada All SWT karena bersholawat merupakan salah satu perintah yang terdapat dalam firman Allah Qur'an Surat Al-Ahzab ayat-56 yang berbunyi:

Adapun anjuran membaca selawat terdapat pada surah Al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Pada umumnya, sholawat Nabi yang singkat dan jamak dibacakan oleh umat muslim adalah kalimat Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.

(BACA JUGA:Gus Baha Ungkapkan Keutamaan Amalan Sholawat Nabi yang Berkaitan dengan Akhirat)

`
Kategori : Oase
Sumber : berbagai sumber