Selain Definisi, Terdapat 2 Hal Penting yang Perlu Anda Pahami Terkait Penelitian Kualitatif


Ilustrasi data-PhotoMIX-Company-Pixabay.com

JURNALIS INDONESIA - Penelitian Kualitatif merupakan serangkaian kegiatan observasi, menghimpun Data, mengolah Data tersebut dan kemudian menyajikannya sebagai temuan baru hasil riset yang mendalam. Secara umum dalam dunia akademik lingkup sosial mengenal 2 jenis Metode atau cara untuk menjelaskan fenemonena yakni Metode Penelitian Kualitatif dan Metode Penelitian Kuantitatif

Penelitian Kualitiatif merupakan jenis penelitian yang lebih mengedepankan penafsiran atau pemaknaan dari subjek yang hendak diteliti, dengan kata lain periset berupaya menggali kedalaman dari data mentah berupa statistik-numerik dengan menghadirkan pendapat dan pengalaman subjek yang diteliti. Corak dari perspektif penelitian kualitatif adalah etik (penggunaan sudut pandang orang luar yang berjarak 'dalam hal ini peneliti' untuk menjelaskan suatu fenomena dalam masyarakat).

Merujuk pada DJKN.KEMENKEU metode kualitatif lebih menekankan pada pengamatan fenomena dan lebih meneliti ke subtansi makna dari fenomena tersebut. Analisis dan ketajaman penelitian kualitatif sangat terpengaruh pada kekuatan kata dan kalimat yang digunakan. Oleh karena itu, Basri (2014) menyimpulkan bahwa fokus dari penelitian kualitatif adalah pada prosesnya dan pemaknaan hasilnya. Perhatian penelitian kualitatif lebih tertuju pada elemen manusia, objek, dan institusi, serta hubungan atau interaksi di antara elemen-elemen tersebut, dalam upaya memahami suatu peristiwa, perilaku, atau fenomena (Mohamed, Abdul Majid & Ahmad, 2010).

Berbeda dengan pendekatan metode penelitian kuantitatif yang menekankan korelasi antar variabel, menguji teori dan bertumpu pada data mentah statistik numerik, sehingga hasil temua dari fenomena yang tengah dikaji bersifat general atau umum. Dengan kata lain perspektif dari penelitian kuantitatif adalah emik (menjelaskan suatu fenomena dalam masyarakat dengan sudut pandang masyarakat itu sendiri).

Berikut terdapat beberapa Pengertian penelitian kualitatif hingga metode analisis, simak penjelasannya di bawah ini. 

(BACA JUGA:5 Contoh Landasan Teori Karya Ilmiah yang Mudah Dipahami, Cocok Jadi Pedoman Pengerjaan Skripsi)

PENGERTIAN PENELITIAN KUALITATIF

- Menurut Sugiyono (2011), metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan tri-anggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian ini lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Pendekatan Penelitian Kualitatif.

- Menurut Moleong (2005:6), penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll secara menyeluruh, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.

- Menurut Saryono (2010), Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh sosial yang tidak dapat dijelaskan, diukur atau digambarkan melalui pendekatan kuantitatif.

(BACA JUGA:8 Ciri-ciri Kalimat Aktif Beserta Pengertian yang Mudah Dipahami, Cocok untuk Pelajar Maupun Mahasiswa)

Dalam memahami penelitian kualitatif dan perbedaan yang mencolok dengan penelitian kuantitatif, maka dua hal berikut bisa menjadi pedoman dalam menulis atau mengidentifikasi sebuah penelitian telah layak disebut penelitian kualitatif:

1. Ciri-ciri PENELITIAN KUALITATIF

- Mendasarkan pada rincian kontekstual.

- Data yang dihimpunkan dalam kondisi asli atau alamiah (natural setting).

- Data sebisa mungkin dikumpulkan secara deskriptif, yang kemudian dituliskan dalam bentuk laporan.

- Peneliti berperan sebagai alat penelitian, artinya: peneliti merupakan alat utama pengumpul data/sebagai pengamat Wawancara.

- Penelitian kualitatif lebih mementingkan proses daripada hasil, karena berupaya menghadirkan pengalaman empirik yang bertolak dari teori.

- Latar Belakang tingkah laku atau perbuatan dicari maknanya.

- Menggunakan metode triangulasi metode atau triangulasi data.

(BACA JUGA:10 Contoh Tujuan Penelitian Paling Mudah Diterapkan bagi para Pejuang Skripsi)

2. METODE PENELITIAN KULIATATIF

- Mengangkat permasalahan dan membuat rumusan Masalah

Peneliti berkewajiban untuk merumuskan satu fenemona yang hendak diriset atau dikaji lebih jauh, sebagai contoh: apa dan mengapa alasan pada suatu subjek tersebut kiranya akan diangkat sebagai Studi kasus. 

- Menghimpun sejumlah data di lapangan

Setelah merumuskan masalah, peneliti dapat mengumpulkan berbagai sumber data mulai dari data sekunder dan primer baik data yang sudah ada lewat riset terdahulu atau menjalankan observasi, wawancara, survei maupun kelompok diskusi.

- Menganalisis data

Data yang telah dihimpunkan tersebut selanjutnya di pilah dan dikategorisasikan kira-kira data mana saja yang relevan dan mendukung penelitian. 

- Merumuskan hasil studi

Usai dengan pemilahan dan kategorisasi terhadap data, tahap selanjutnya merumuskan hasil studi dengen cara merancang deretan dan kolom sebuah metriks data kualitatif, dan menentukan jenis maupun bentuk data yang akan dimasukkan di kotak-kotak metriks itu. Contohnya, yaitu data disajikan dengan naratif, bagan, flow chart, diagram, dan sebagainya. Data disusun menjadi lebih mudah dibaca.

- Menyusun sebuah rekomendasi untuk pembuat keputusan

Tahap akhir ialah penarikan kesimpulan dengan penggunaan bahasa yang lugas dan jelas, hasil dari penelitian dapat menjadi kontribusi sebagai pemecahan masalah pada pemangkun kepentingan maupun pihak terkait.

(BACA JUGA:5 Contoh Landasan Teori Karya Ilmiah yang Mudah Dipahami, Cocok Jadi Pedoman Pengerjaan Skripsi)

JI

`
Kategori : Gaya hidup
Sumber : berbagai sumber